Beranda Pustaka Blog Perjalanan Mewujudkan Indonesia Inklusif

Perjalanan Mewujudkan Indonesia Inklusif

Blog / Semua Pilar Mitra Payung : Semua Mitra

Program Peduli merupakan kolaborasi antara pemerintah dan berbagai organisasi masyarakat sipil yang tergabung sebagai mitra Peduli dalam mendorong gerakan inklusi sosial yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia.

Sejak 2017, Program Peduli berupaya mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia dengan cara:

  • Meningkatkan layanan publik untuk kelompok marginal
  • Meningkatkan pemberdayaan dan penerimaan sosial
  • Mendorong kebijakan inklusif

Lalu, bagaimana hasil kerja Program Peduli hingga tahun 2020 ini? Berikut ulasannya.

Secara umum, terdapat 47.897 penerima manfaat pada 2017–2020 dan sebanyak 10.999 orang memiliki keterampilan teknis yang diterapkan dalam pembangunan inklusif.

Dalam hal layanan publik, hasil kerja Program Peduli dapat dilihat sebagai berikut.

  • 32.275 orang sudah dapat mengakses layanan sosial dan publik, seperti Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, atau bantuan sosial lainnya.
  • 32.280 orang berhasil mendapat kartu identitas, seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), dan akta lahir.
  • 1.410 unit layanan publik sudah lebih inklusif, seperti fasilitas rumah sakit ramah difabel, sekolah inklusif, dan puskesmas ramah anak.

Hasil kerja Program Peduli dalam hal pemberdayaan dan penerimaan sosial dapat dilihat sebagai berikut.

  • 29.373 orang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pemenuhan hak, seperti musyawarah perencanaan dan pengembangan desa (musrenbangdes) atau forum-forum tertentu.
  • 1.447 forum terbentuk sehingga komunitas dapat berinteraksi langsung dengan pemerintah daerah, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan lainnya.
  • 9.727 penerima manfaat terlibat aktif dalam kegiatan sosial masyarakat.

Dalam hal kebijakan inklusif, tercatat 5.386 orang berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan inklusif dan dana tingkat daerah sebesar Rp130 miliar 58 juta dialokasikan untuk pembangunan inklusif, seperti rumah sakit dan sekolah inklusif.

Hasil kerja Program Peduli di atas bukanlah pencapaian akhir. Masih banyak hal yang perlu kita perjuangkan bersama untuk mewujudkan Indonesia inklusif. Ayo, terus bergerak demi #IDInklusif!