Beranda Pustaka Blog Cerita Inklusi Sepanjang 2020

Cerita Inklusi Sepanjang 2020

Blog / Semua Pilar Mitra Payung : Semua Mitra Topik : COVID, covid-19, COVID19, kaleidoskop, tahun baru

Tahun ini di 2020, kita menghadapi situasi yang tak terkira dan tak pernah terbayangkan sebelumnya. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia, memaksa kita berhenti sejenak dari segala rutinitas, beradaptasi dengan cara dan teknologi baru, bahkan untuk komunitas terstigma, pandemi COVID-19 ibarat “sudah jatuh tertimpa tangga pula”. Pandemi menambah kerentanan komunitas termarginalkan.

Namun demikian, di tengah berbagai kesulitan yang melanda, kita patut menjaga harapan dan optimisme karena solidaritas dan kemanusiaan yang tak henti dan tak mati. Kita juga melihat komunitas terstigma bergerak membantu sesama. Tak hanya itu, proses adaptasi dan perubahan membuka peluang dan kesempatan yang berbeda.

Dengan tahun 2020 yang akan segera berakhir, mari kita simak kembali cerita baik sepanjang tahun yang mudah-mudahan dapat menjadi refleksi bersama, menjaga api semangat untuk #IDInklusif tetap menyala.


JANUARI

Melanjutkan kampanye Peduli x Musisi bersama dengan Dewa Budjana, Hindia, dan Asteriska, di bulan Januari Program Peduli dengan bangga mengapresiasi para warganet yang penuh antusias dan kreativitas mengikuti lomba cover lagu “Di Mata Semesta”. 


FEBRUARI

Program Peduli bekerja sama dengan Kineforum menyelenggarakan pemutaran film-film yang diproduksi oleh Program Peduli dan film-film kurasi pilihan Kineforum bertemakan inklusi. Beberapa film yang ditayangkan antara lain, “Istri Orang”, “Sebelum Berangkat”, “Di Tepi Kali Progo” yang diproduksi oleh Yayasan Tumbuh Sinema Rakyat. Beberapa film pendek tentang anak dan remaja rentan yang diikuti oleh diskusi juga mewarnai pemutaran “Mengenal Marginal”. 


MARET

Awal bulan Maret dimeriahkan oleh Funtastic Colour Run: Warna-Warni Keceriaan Situbondo Inklusi. Acara ini diselenggarakan sebelum pandemi masuk ke Indonesia. Bupati Situbondo merupakan salah satu pemimpin daerah yang berkomitmen untuk pemenuhan hak orang dengan disabilitas. Kepergiannya karena COVID-19 pada November lalu merupakan kehilangan yang besar bagi gerakan #IDInklusif. Selain itu, untuk merayakan Hari Perempuan Internasional, bekerja sama dengan Generasi Pandu Inklusi Nusantara (PINTAR)-komunitas relawan orang muda- Program Peduli menyelenggarakan acara “The Big Little Women: Seeing the Unseen”


APRIL

Meski mobilitas terbatas dan mata pencaharian terancam, tak membuat komunitas yang didampingi Program Peduli bertopang dagu. Solidaritas justru menjamur dengan komunitas waria yang membuka dapur umum dan membagikan masker kain, penyintas pelanggaran HAM yang saling menjaga dan memastikan kesehatan para lansia, posko tanggap COVID-19 yang didirikan dengan memastikan layanan inklusif termasuk untuk difabel dan komunitas rentan lainnya membawa secercah harapan untuk bersama-sama melewati situasi.


MEI

Meski semua kegiatan beralih dengan metode daring, tak menyurutkan semangat Generasi PINTAR untuk berdiskusi mengenai stigma dan diskriminasi yang dihadapi oleh berbagai komunitas. Tak hanya itu, sejarah gerakan dan manajemen organisasi orang muda juga dibahas dengan pemateri dari Pamflet Generasi.


JUNI

Tahukah kamu Program Peduli memiliki newsletter mingguan Cerita Inklusi Tiap Senin Pagi? Bulan Juni, Program Peduli mengirimkan newsletter pertamanya ke lebih dari seribu Sahabat Peduli yang setia. Yuk berlangganan biar gak ketinggalan Kabar Peduli! Masukkan alamat surelmu di bagian bawah halaman dan klik berlangganan yah!


JULI

Selama tiga tahun belakangan, bulan Juli menjadi bulan yang spesial untuk anak dan remaja yang didampingi Program Peduli. Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Tahun ini Temu Anak Virtual gak kalah seru dengan tahun-tahun sebelumnya. Ratusan anak dan remaja perwakilan lebih dari 30 titik lokasi di Indonesia “bertemu” dan bergembira bersama dari rumah. Tidak hanya itu, beberapa perwakilan anak dan remaja juga ngobrol asyik bersama pemerintah menyampaikan aspirasinya loh!


AGUSTUS

Di bulan Agustus, kita bersama-sama belajar banyak hal baru lewat webinar “Belajar dari Kelompok Marginal: Praktik Baik Inklusif di Masa Pandemi”. Meski selama ini “berada di pinggir”, saat pandemi berlangsung terlihat dengan jelas bagaimana komunitas yang terstigma sudah sepatutnya berada di tengah. Meski memikul beban ganda, dengan modal sosial yang sudah terbangun menunjukkan resiliensi dan bahkan solidaritas untuk membantu sesama.


SEPTEMBER

Festival Inklusif 100% mewarnai bulan September. Bekerja sama dengan Sanggar Inovasi Desa, pagi hingga malam selama lima hari diisi dengan diskusi untuk memperkaya pemikiran terkait inklusivitas. Tak hanya itu, diskusi bedah buku dan festival kopi juga ikut memeriahkan festival. Puncaknya, gelar budaya menutup rangkaian Festival Inklusif 100% yang menyajikan berbagai praktik baik dan pengalaman para organisasi mitra Program Peduli di lapangan.


OKTOBER

Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober diperingati oleh Program Peduli dengan berdiskusi soal peran dan pentingnya orang muda sebagai aktor pembawa perubahan. Dimoderatori oleh Andhyta F. Utami, webinar “Muda BERANI: Beda, Bergerak, Inklusif” menjadi momentum refleksi menjelang 100 tahun Sumpah Pemuda.


NOVEMBER

Generasi Pandu Inklusi Nusantara (PINTAR),-komunitas orang muda untuk gerakan inklusi sosial-menyelenggarakan Indonesia Youth Diversity Forum 2020 untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Beberapa isu yang dihadapi oleh komunitas waria, difabel, dan pelanggaran HAM dibahas dalam forum yang dihadiri oleh perwakilan komunitas/ organisasi orang muda dari Aceh hingga Papua ini.

 


DESEMBER 

Pemutaran perdana film dan diskusi “Ayla” menjadi penutup rangkaian 16 Hari Kampanye Anti Kekerasan terhadap Perempuan. Film pendek yang menceritakan anak yang dilacurkan (ayla) ini dibesut oleh Anatman Pictures. Tonton dan bagikan filmnya agar semakin banyak yang peduli dan menjadi #SahabatAyla membawa ayla meraih kesempatan keduanya.


Wah ternyata tak terasa, meski situasi pandemi, perjalanan menuju Indonesia inklusi tidak terhenti. Bagaimana dengan tahun 2020-mu, Sahabat Peduli? Yuk buat resolusi inklusi untuk tahun 2021!