Beranda Pustaka Berita Deklarasi Sumsel Menuju Kota Layak Anak

Deklarasi Sumsel Menuju Kota Layak Anak

Berita / Anak dan remaja rentan Mitra Payung : PKBI Pusat

Palembang, 4 Agustus 2017 – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melangsungkan Deklarasi Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan Menuju Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) yang ditandai dengan Kesepakatan Kerjasama Teknis Tentang Pelaksanaan Revolusi Mental dalam Perlindungan Anak antara Program Peduli dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan & Perlindungan RI dan Gubernur Sumsel yang menandatangani deklarasi tersebut.

Penandatanganan MoU yang disaksikan langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan serta Menteri Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak ini dilakukan oleh Country Representative The Asia Foundation dan Deputi Bidang Perlindungan Anak.

Kesepakatan Kerjasama Teknis ini bertujuan untuk menjadi pedoman koordinasi program dan kegiatan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta diskusi terkait kebijakan tentang Pelaksanaan Revolusi Mental dalam Perlindungan Anak demi tercapainya Indonesia yang inklusif bagi anak dan remaja rentan. Melalui mitra PKBI Sumsel, Program Peduli terus-menerus melakukan upaya dalam bentuk diskusi, pendampingan, pemberian ruang berekspresi serta advokasi pihak pemerintah daerah untuk kebijakan yang mendukung.

Penandatanganan deklarasi ini juga telah disaksikan oleh anak-anak Provinsi Sumsel yang merupakan bagian dari anak dan remaja rentan. Oleh sebab itu, para pemangku kepentingan yang hadir berupaya untuk dapat mendengarkan aspirasi dan memenuhi hak-hak mereka.

Dalam acara ini, dilangsungkan pula pengukuhan Forum Anak Provinsi Sumsel 2017-2019 oleh Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin.