Tentang
Peduli adalah program di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang menggunakan pendekatan “Inklusi Sosial” sebagai usaha untuk memberdayakan masyarakat marjinal, meningkatkan kesejahteraan, dan memberantas kemiskinan. Dalam mewujudkan Nawa Cita Kabinet Kerja Periode 2015-2019, Kemenko PMK mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi; sinkronisasi; dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan pusat di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan dengan lima fokus area: (i) Jaminan Kebutuhan dan Pelayanan Dasar; (ii) Pembangunan Manusia Berkarakter; (iii) Selaras Data; (iv) Pemberdayaan Masyarakat; dan (v) Pembangunan Desa Semesta. Peduli adalah program pemberdayaan masyarakat yang bermitra dengan lembaga masyarakat sipil untuk menjangkau penerima manfaat yang selama ini mengalami eksklusi dari program pemerintah yang disebabkan diskriminasi dan prasangka. Pada tahap pertama, program ini bernama PNPM Peduli dan difasilitasi selama 2011-2014 oleh PNPM Support Facility (PSF) – World Bank. Pada Maret 2014, The Asia Foundation ditetapkan sebagai Managing Partner dalam Program Peduli Fase II, dengan dana dari DFAT-Australian Aid. Pada Program Peduli fase II ini, kegiatan lebih difokuskan untuk meningkatkan Inklusi Sosial dan Ekonomi dalam pembangunan Indonesia, dengan meningkatkan akses pelayanan hak dasar dan penerimaan sosial bagi mereka yang termarginalkan. Enam sasaran (kelompok penerima manfaat) Program Peduli meliputi: Anak dan Remaja Rentan, Masyarakat Adat Terpencil, Kelompok Agama Minoritas dan Kepercayaan Lokal, Korban Pelanggaran HAM, Orang dengan Disabilitas, dan Kaum Waria. Selain The Asia Foundation, terdapat 7 (tujuh) organisasi pelaksana: Yayasan Samin, LPKP, PKBI, IKA, Kemitraan, Lakpesdam NU, dan Satunama. Program Peduli bekerjasama dengan 72 LSM lokal di 84 kabupaten/kota di 26 propinsi. Peta lokasi dan mitra Program Peduli bisa diakses di sini. Situs ini ditujukan untuk khalayak umum, media massa, dan pembuat kebijakan dengan foto, video, dan cerita pendek tentang pekerjaan inti para mitra Program Peduli yaitu inklusi sosial.
  • Potret Inklusi adalah gambar, cerita, dan video tentang manfaat inklusi sosial bagi kelompok penerima manfaat.
  • Dukung adalah kumpulan informasi, infografis, dan bahan media sosial yang dapat digunakan oleh siapapun untuk mempromosikan inklusi sosial di lingkungan masing-masing.
Program Peduli aktif di berbagai media sosial dengan pesan tagar #IDInklusif sehingga masyarakat luas bisa ikut berpartisipasi dengan berbagi contoh tindakan inklusi sosial yang dilakukan warga Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi info@programpeduli.org.  

Program Peduli dilaksanakan bersama mitra nasional:

Logos_Tentang_MitraPayung

Donor dan Managing Partner Program Peduli:

TAF_TentangDFAT_crest_TentangAusAid_Tentang