Tentang
Program Peduli adalah kolaborasi antara pemerintah dan beberapa organisasi masyarakat sipil yang tergabung sebagai mitra Program Peduli untuk mendorong gerakan inklusi sosial. Gerakan ini diharapkan mampu mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia. Terdapat enam kelompok sasaran Program Peduli yang selama ini belum dapat mengakses program pembangunan, yaitu: (1) anak dan remaja rentan, (2) masyarakat adat dan lokal terpencil yang tergantung pada sumber daya alam, (3) korban diskriminasi, intoleransi, dan kekerasan berbasis agama, (4) orang dengan disabilitas, (5) hak asasi manusia dan restorasi sosial, serta (6) waria. Pada periode 1999 hingga 2010, tingkat kemiskinan di Indonesia telah berkurang hingga separuhnya. Namun, manfaat pembangunan belum dirasakan oleh kelompok-kelompok yang mendapatkan stigma, stereotip, dan prasangka. Oleh karena itu, Program Peduli percaya bahwa kemiskinan pada kelompok marginal dapat berkurang jika mereka bisa mengakses peluang ekonomi. Program Peduli sudah berjalan sejak 2011 dan akan berakhir pada Desember 2020. Program Peduli mendorong inklusi sosial dengan cara: 
  1. Meningkatkan pelayanan publik untuk kelompok marginal
  2. Meningkatkan pemberdayaan dan penerimaan sosial
  3. Mendorong kebijakan agar lebih inklusif 
Program Peduli bekerja sama dengan delapan organisasi mitra payung di tingkat nasional dan 69 organisasi masyarakat sipil di 75 kota/kabupaten yang tersebar di 21 provinsi. Lihat seluruh mitra Program Peduli di sini dan unduh peta lokasi kerja Program Peduli di sini.


Mari bergabung dalam gerakan inklusi sosial!
Kamu bisa mendukung gerakan ini dengan memperlakukan semua orang secara setara dan semartabat, mendorong pemerintah untuk lebih inklusif, dan memastikan hak-hak kelompok marginal sebagai warga negara dapat terpenuhi. Gunakan tagar #IDInklusif di media sosial sebagai bentuk partisipasimu dalam gerakan ini dan bagikan informasi terkait inklusi sosial yang ada di sekitarmu. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi info@programpeduli.org.