Tentang Situs

Berkonsultasi dengan mitra, situs programpeduli.org dimoderasi oleh The Asia Foundation bekerjasama dengan Communicaption. Konten diambil terutama dari media sosial Program Peduli: Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube. Sebagian besar konten media sosial berasal dari mitra lokal Program Peduli yang menampilkan cerita penerima manfaat program serta tokoh unggulan (champion) yang mendorong inklusi sosial di lingkungan mereka.

Program Peduli bekerja dengan kelompok rentan yang mengalami eksklusi sosial dari kesempatan ekonomi dan program pemerintah. Kelompok-kelompok tersebut sering menghadapi stigma dan diskriminasi di lingkungannya sehari-hari. Melalui situs ini, strategi komunikasi yang dibangun hanya menampilkan contoh inklusi sosial ketika anggota masyarakat (pihak yang tidak dieksklusi) berinteraksi secara positif dengan kelompok penerima manfaat (pihak yang dieksklusi). Foto-foto dan video pendek yang digunakan akan bersifat memberdayakan dan akan mempromosikan inklusi sosial sebagai perilaku positif.

Selain foto dan cerita dari hasil program, media sosial dan situs juga menampilkan infografis dan video yang memberikan gambaran tentang masalah yang dihadapi oleh kelompok sasaran Program Peduli. Tujuannya ialah mengajak masyarakat luas memahami dan memiliki nilai inklusi sosial. Bahan-bahan ini tersedia di situs agar bisa digunakan sebagai materi sosialisasi inklusi sosial oleh pihak lain yang memiliki tujuan yang sama.

Sebagai bagian dari amanat Program Peduli untuk mempromosikan dan mendukung inklusi sosial, sangat penting bahwa situs ini dapat mempromosikan serta menjaga hak dan martabat semua orang yang foto/tulisan/kutipan/hasil pemikiran lainnya digunakan untuk keperluan program. Oleh karena itu, situs ini menanggapi standar etika dan persyaratan persetujuan termaklum. Semua video, gambar, cerita, dan data yang muncul pada situs Program Peduli akan menegakkan dan melindungi hak, martabat, keselamatan, dan kesejahteraan dari individu dan/atau kelompok yang ditampilkan.